Penyebab Smartphone Lemot

Alex
0

Banyak kesalah pahaman dalam menanggapi mengapa smartphone menjadi lemot, misalnya ketika membuka suatu aplikasi, menutup aplikasi, ataupun ketika menekan keypad input text menjadi terlambat muncul. Bagi orang awam biasanya beranggapan karena gangguan virus.


Pada umumnya smartphone lemot disebabkan oleh hampir penuhnya penggunaan kapasitas RAM.
RAM  adalah memory penyimpanan sementara aplikasi yang dijalankan, fungsinya adalah untuk mempercepat kerja smartphone atau komputer. Semakin besar kapasitas RAM maka kemampuan smartphone anda akan semakin cepat. Pada smartphone aplikasi yang banyak menggunakan RAM biasanya adalah aplikasi yang berjalan secara realtime, misalnya: aplikasi system, sosial media (BBM, line, facebook, whatsapp, dll), dan aplikasi-aplikasi lainnya. Prilaku aplikasi-aplikasi tersebut adalah berjalan di system, melakukan koneksi ke server secara realtime untuk melakukan cek update, ataupun pertukaran data. sehingga walaupun aktivitas nya tak terlihat, aplikasi ini akan terus berjalan dan berhubungan dengan server, semakin banyak anda menginstall aplikasi online, maka aktivitas akan semakin banyak, dan anda harus memperhatikan berapa kapasitas RAM smartphone anda, berapa freespace yang tersisa. Aplikasi-aplikasi yang katanya bisa mempercepat smartphone, terkadang juga bisa membebani, karena aplikasi tersebut juga berjalan realtime untuk melakukan cek dari penggunaan memori oleh aplikasi-aplikasi lain, aplikasi antivirus juga dapat menyebabkan lemot karena juga berjalan realtime. 

Jadi saran saya untuk mengatasi smartphone lemot adalah ketahui berapa kapasitas RAM smartphone anda, jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang online dan berjalan realtime (misalnya aplikasi sosmed, antivirus, ataupun aplikasi tune up), jangan menginstall aplikasi yang memiliki fungsi sama (misalnya anda menginstall 2 atau lebih aplikasi antivirus), jangan terlalu percaya dengan aplikasi yang menghemat battery atau bisa mempercepat smartphone. Non aktifkan atau stop aplikasi yang sedang tidak digunakan, restart handphone anda secara berkala.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)