Prinsip Kerja Line Tracer Non Program(Analog)

Alex
0




Line tracer atau line follower non program terdiri dari beberapa bagian maupun rangkaian, yaitu: bagian sensor, komparator, driver dan mekanik. Cara kerja dari masing2 rangkaian ini sangat sederhana.


1. Sensor

Pada bagian atau rangkaian sensor terdapat led super dan photo dioda. Led akan memancarkan cahaya pada jalur, photo dioda akan menerima pantulan cahaya dan tahanannya berubah2 sesuai intensitas cahaya yang dipantulkan. jika dipantulkan pada permukaan putih, intensitas cahaya yang dipantulkan besar sedangkan pada permukaan yang gelap akan memantulkan intensitas cahaya yang sedikit. seiring perubahan tahanan pada photo dioda, maka akan terjadi perubahan tegangan drastis yang melalui photo dioda tersebut. dan tegangan ini akan masuk pada imput komparator.

2. Komparator





Rangkaian Komparator Tegangan Sederhana
Rangkaian komparator adalah sebuah rangkaian yang dapat membandingkan besar tegangan masukan. Biasanya pada rangkaian komparator menggunakan op-amp (operational amplifier) LM139 dan LM339.
op-amp akan menterjemahkan perbedaan tegangan dan menjadikan output sebagai biner, dan dilanjutkan ke driver.

3. Driver
Pada rangkaian driver, tegangan output dari comparator akan  akan dikuatkan beberapa kali lipat sehingga mampu menggerakkan motor.

4. Mekanik
Pada bagian mekanik atau gearbox terdapat motor DC, gear dan roda. tujuan diberi gear adalah memperingan putaran motor dan mempercepat putaran roda.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)